Siantar Sehat, Sejahtera dan Berkualitas

Wali Kota Pematang Siantar Resmi Membuka Rakor Pendidikan Tahun Anggaran 2023


Pematangsiantar, – Ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali, Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A, didampingi Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pematang Siantar, Rudol Barmen Manurung, M.Pd, secara resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pendidikan Kota Pematang Siantar Tahun Anggaran 2023 yang digelar selama dua hari, Selasa – Rabu (19-20 Desember 2023) yang dipusatkan di Hotel Sapadia, jalan Diponegoro Pematang Siantar, Selasa (19/12/2023) pagi tadi.
Pelaksaan rakor kali ini bertemakan “Bersinergi untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas melalui implementasi Kurikulum Merdeka dengan penguatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Kota Pematang Siantar” dan pesertanya yaitu Kepala UPTD dari Tingkat TK, SD dan SMP juga perwakilan dari Sekolah Swasta. Juga dari Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah (SD dan SMP), Kepala SKB, HIMPAUDI, IGKTI, HIPKI, PKBM, Pengurus PKG, Dewan Pendidikan, PGRI, Badan Musyawarah Pengurus Swasta dan juga narasumber yang total keseluruhan peserta sebanyak 191 orang.
Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pematang Siantar, Rudol Barmen Manurung, M.Pd dalam laporannya sekaligus sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Wali kota Pematang Siantar, Ibu dr. Hj. Susanti Dewayani, Sp.A yang berkenan hadir sekaligus membuka Rakor Pendidikan Kota Pematang Siantar Tahun Anggaran 2023..

Rudol Barmen Manurung juga mengucapkan selamat datang kepada para undangan yang hadir, termasuk narasumber yang akan menghidupkan suasana di hari pertama rakor diantaranya dari Polres Pematang Siantar, Kejaksaan Negeri Kota Pematang Siantar, Inspektorat, Dinas Kesehatan, Dinsos PPPA, dan BPKPD Pematang Siantar.
Dia juga menyapa para peserta yang hadir yaitu para Kepala UPTD dari Tingkat TK, SD dan SMP juga perwakilan dari Sekolah Swasta, dari Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah (SD dan SMP), Kepala SKB, HIMPAUDI, IGKTI, HIPKI, PKBM, Pengurus PKG, Dewan Pendidikan, PGRI, Badan Musyawarah Pengurus Swasta dan undangan lainnya.
Dijelaskan, bahwa Rapat Koordinasi Pendidikan yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali ini merupakan sarana ajang rembung para pemangku pendidikan di Kota Pematang Siantar.
“Hari ini dengan berhadirnya berbagai elemen pendidikan, baik Tenaga Kependidikan dari Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar, para Guru, Tutor, Pengawas Sekolah, para Ketua Organisasi Pendidikan dan yang terlebih penting para Kepala OPD lintas program kerja serta Kapolres dan Kejari Kota Pematang Siantar, sebagai nara sumber berharap dapat mengevaluasi kinerja Dinas Pendidikan pada tahun ini. Lebih dari itu, wajar pula jika kita berharap forum yang istimewa ini dapat menghasilkan program ke depan yang lebih baik,”ungkapnya.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini, lanjutnya, yaitu mengevaluasi capaian pelaksanaan program dan kegiatan pendidikan tahun 2023; mengumpulkan informasi up date mengenai kebijakan pendidikan terbaru dan rencana terobosan pendidikan masa depan; menyusun rencana dan kegiatan pendidikan tahun berikutnya sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang terkini dengan fokus utama yaitu : stategi program implementasi Kurikulum Merdeka dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Kota Pematang Siantar; merumuskan kegiatan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang tepat sasaran di Kota Pematang Siantar, mendorong sekolah untuk mengikuti Program Sekolah Penggerak (PSP) dan meningkatkan kerjasama antara Dinas Pendidikan dengan sekolah, dan juga masyarakat komunitas pendidikan dan kebudayaan.
Sedangkan hasil yang diharapkan yaitu terwujudnya peningkatan akses layanan, pemerataan layanan, peningkatan mutu, dan penguatan tata kelola pendidikan dan kebudayaan serta pengembangan pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka yang berorientasi pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
Ada pun secara khusus hasil yang ingin dicapai terfokus pada, terwujudnya komitmen mensukseskan pelaksanaan program dan kegiatan prioritas di bidang pendidikan dan kebudayaan tahun 2024; tersusunnya rencana dan program kegiatan dalam rangka peningkatan pendidikan di Kota Pematang Siantar untuk tahun-tahun berikutnya dan tersusunya program prioritas pendidikan untuk dilaksanakan tahun 2024;
Ditegaskannya kembali, bahwa selama dua hari rakor, kegiatan akan diisi dengan penyampaian materi penting yang akan disajikan oleh para narasumber atau fasilitator yaitu Plt. Kepala Dinas Pendidkan Kota Pematang Siantar, Inspektorat, Kejari Pematang Siantar, Dinas Sosial PPPA, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan, BPKAD Polres Pematang Siantar, Bappeda Pematang Siantar, Kabid PAUD Dikdas, Kabid PTK, Kabid PNF&K, Tanoto foundation, dan Co Capten ID Belajar.

Melalui rakor ini, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pematang Siantar, Rudol Barmen Manurung, M.Pd berharap agar apa yang menjadi tujuan kegiatan ini dapat tercapai demi tercapainya Kota Pematang Siantar yang “Sehat, Sejahtera, dan Berprestasi”.
Sementara, Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A dalam arahan dan bimbingannya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan Pematang Siantar dan seluruh panitia yang telah bersusah payah mempersiapkan Rakor Pendidikan Tahun Anggaran 2023 ini.
Dia juga menyapa para undangan yang hadir dan juga para narasumber serta para seluruh peserta rakor baik dari Sekolah Negeri maupun Swasta serta dari Organisasi Pendidikan maupun undangan lainnya.
Kata Wali Kota, visi Pemko Pematang Siantar yaitu menjadikan Kota Pematang Siantar “Sehat, Sejahtera dan Berprestasi harus segera terwujud melalui program-program setiap dinas maupun Organisasi Pimpinan Daerah (OPD).
Dan menurutnya, kegiatan rakor hari ini sangatlah positif karena sebagai sarana evaluasi diri atau internal terhadap pencapaian program Tahun 2023 yang akan berakhir.
Dan ini lah momen yang tepat untuk menentukan program kerja Tahun 2024 mendatang agar hasilnya nanti lebih baik lagi, ujarnya.

Untuk itu, Wali Kota berharap agar rakor ini diikuti para peserta dengan sunguh – sungguh, dan nantinya dapat diimplementasikan di sekolah kita masing – masing sehingga kualitas pendidikan di Kota Pematang Siantar semakin baik dari tahun – tahun sebelumnya.
Dan sebagai penutup, Wali Kota mengucapkan selamat melaksanakan Rapat Koordinasi Pendidikan Tahun Anggaran 2023 kepada seluruh peserta.

Foto Kegiatan

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *